Posted by : Unknown Sunday, 11 January 2015

Asalamu'alaikum wr.wb
puji syukur kehadirat Allah SWT di mana kita dapat berjumpa lagi dan masih diberikan kesehatan untuk bisa saling berkunjung dan saling berbagi pengetahuan dalam situs online ini. Di dalam blog ini saya akan memberiakan sedikit tentang artikel islam yakni tentang PENGERTIAN ILMU KALAM DAN RUANGLINGKUPNYA.

A. Pengertian Ilmu Kalam
Adalah Ilmu kajian yang islam yang membicarakan aspek-aspek ketuhanan denagan pemikiran atau logika manusia.
Ilmu kalam adalah ilmu yang membahas tentang menetapkan sebuah kepercayaan beragama (agama islam) dengan bukti-bukti yang kuat. akan diperluas dalam pembahasan kali ini mengenai apa saja yang ada di dalam ilmu kalam dan mari kita simak sebagai berikut :
1. Tauhid
Tauhid dalam bahasa arab berasal dari kata Wahada-Yawuhidu, sedangkan secara terminologis tauhid adalah keesaan yakni yakin Allah SWT maha esa (satu) dan tidak ada yang lain selain dia. dalam bahasa indonesia yaitu Mentauhidkan "Mengesakan Allah". Ilmu ini membahas tentang tentang aqidah agama dengan dasar-dasar atau dali-dalil yang meyakinkan.
macam-macam tahuhid :
  •  Tauhid uluhiyah, Mengesakan Allah di mana segala sesuatu yang kita lakukan (kecuali perbuatan Zalim) dan beribadah hanya untuk Allah SWT.
  • Tauhid Ruhubiyah, Mengesakan Allah dimana percaya dan yakin segala sesuatu ciptaan manusia hewan tumbuan dan lain sebagainya yang ada di alam semesta ini addalah ciptaan Allah SWT.
2. Aqidah
secara etimologi aqidah adalah ikatan, secara terminologis yaitu kepercayaan. Aqidah adalah suatu kepercayaan paa sebuah hakikat tertentu dengan kepercayaan yang mutlak dan tidak mengandung keraguan dan perdebatan.

B. Searah munculnya Ilmu Kalam.
Ilmu kalam berawal saat setelah wafatnya Rasulullah SAW, kemudian timbulah persoalan diantara umat islam soal pengganti Rosul. selang berapa waktu masalah itu dapat di atasi setelah di bai'atnya Abu bakar As-Sidiq sebagai pengganti Rosul, setelah Abu bakar wafat kemudian di gantikan dengan Umar bin Khatab dimasa kepemimpinan umar ini umat islam tampak tegar. setelah berakirnya masa kekhalifahan Umar kemudian Usman bin khotab meneruskannya namun pada masa kekhalifahan Usman ini beliau cenderung terjadilah ketidak setabilan dalam umat islam dengan banyaknya penentang-penentang yang tidak setuju terhadap kekhalifahan Usman dan akhirnya Usman terbunuh oleh pemberontak dari mesir, kufah dan basroh.
kemudian Khalifah terakhir Ali bin abi thalib, dan dia mendapat tantangan-tantangan dari yang lain yang ingin menjadi khalifah, Dari sejarah tersebut munculah asal muasal terjadinya ILMU KALAM.

C. Permasalahan Ilmu Kalam
1. Maslah pelaku dosa besar
A. Mashab Syi'ah
Syiah adalah pengikut Ali bin Abi tholib, syiah menolak pemikiran ke 3 khalifah selain Ali. karena dalam pandanga mereka hanya Alilah yang pantas untuk menjadi Khalifah. syiah berpendapat Ali adalah penerus Rosul dialah sepupu dan menantu dari Rosul karena syiah percaya bahwa keluarga Muhammad adalah sumber pengetahuan tang terbaik dalam penafsiran Al-quran dan hadist. dan syiah percaya bahwa Ali diutus menjadi khalifah langsung Oleh Rosul.
kemunculan syiah terjadi pada saat berakhirnya kehaifahan Usman dan kemudian berkembang saat kekhalifahan Ali. Menurut pendahulu Syiah baru-baru muncul ketika pada saat peperangan Ali dan mu'awiyah yang dikenal dengan perang Shiffi.
dalam masalah politik yang terbunuhnya khalifah usman bin affan oleh pemberontak dari mesiar yang dipimpin oleh Abu Saudah bin saba, usman tewas dalam melahirkan knsep permasalahan apakah tetap beriman atau telah kafir, pelaku pembunuh usman itu dan pelaku dosa besar yang keluar dari barisan Ali karena tidak pusa dengan hasil administrasi maka mereka keluar dari barisan Ali. Menurut mshab Syi'ah pelaku dosa esar adalah kafir dalam arti keluar dari islam dan murtad maka wajib di bunuh.
 B. mazhab Murji'ah
 artinya menunda tentang pelaku dosa besar dia di akhirat, pendirinya adalah abdullah Ibnu Umar (Anak umar bin khatab), mereka berpendapat bahwa orang yang berbuat dosa besar tetapi masih setatus mukmin dan bukan kafir adapun dosa yang dilakukannya terselah kepada Allah untuk diampuni atau tidaknya.
 C. Mazhab Mu'tazilah
pendiri adalah Wasil bin atok pendapat untuk orang yang berdosa besar bukn kafir tetapi bukan pula mu'min orang semacam ini megambil 2 posisi diantara atau tidak masuk surga atau tidak masuk neraka.
D. Mazhab Asy'-Ariyah
pendiri adalah Hasan al-asy ari. dia menentang mzhab Mu'tazilah menurutnya tidak mungkin orang yang berbuat dosa itu tidak mukmin maka terdapat iman, Menurut mukmin yang melakukan dosa besar bila wafat tanpa taubat mungkin orang itu diampuni dosanya oleh Allah sehingga diakhirat orang itu langsung masuk surga dan mungkin pula tidak diampuni maka ia masuk neraka dulu kemudian masuk surga.

2. Maslah perbuatan manusia dan kaitannya dengan tuhan
A. Khodariyah
menurut khodoriyah manusia memiliki ebebasan atau kemerdekaan dalam berkehendak dan berbuat, khodoriyah manusia mempunyai kebebasan tersendiri untuk mewujudkan perbuatan-perbuatnya.
B. Jabariyah
Kata jabariyah bersal dari "Jabarah" yang berarti memaksa. faham ini berpendapat manusia tidak mempunyai kemerdekaan dan kebebasan dalam menetukan kehendak dan perbuatannya dalam paham ini manusia mutlak terikat dalam kehendak tuhan.

Terimakasih telah mengunjungi blog saya bila ada kesalahan mengenai artikel di atas mohon kasih saran sebanyak-banyaknya dan sekian.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ARTIKEL ISLAM - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -